ETIKA BER-EMAIL

Sebetulnya tulisan tentang etika ber email pernah ada yang membuat, jika saya tidak salah penulisnya adalah Bapak I Made Andi Arsana. Namun berhubung saya ada sedikit pengalaman tentang bagaimana orang menyampaikan pesan melalui email yang dalam pandangan saya kurang pantas, maka saya ingin coba menyampaikan kembali disini.

Banyak orang dan saya juga terkadang masih lupa untuk membedakan cara penyampaian pesan atau komentar atau tanggapan melalui email dengan sms atau BBM.

Seyogyanya (dalam pandangan saya) apabila akan mengirimkan pesan atau komentar di dalam email, mulailah dengan ucapan salam kemudian isi pesan atau komentarnya disampaikan dengan bahasa yang baik kemudian ditutup dengan salam kembali.

Terkadang masih saya temui orang yang memberikan tanggapan atau komentar di dalam email dengan bahasa yang seakan-akan itu sedang dilakukan dengan percakapan langsung, bahkan tak jarang bahasa yang digunakan sedikit kasar atau terkesan seperti bossy.

(masih dalam pandangan saya) ketika orang yang menyampaikan komentar atau pesan dengan bahasa yang kasar, meskipun (katanya) orang tersebut pintar, tapi akan menjadi terkesan orang tersebut seperti tidak memiliki attitude.

Contohnya bisa dilihat di pic dibawah ini.

photo(7)

Bagaimana menurut anda? :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s